Mau dapat dollar??? daftar aja disini....dijamin 100% GRATIS!!!!

Minggu, 15 Februari 2009

empat sehat lima sempurna

Setiap saat bisa menjadi indah untuk siapa saja asal tahu rahasianya !
Rahasia untuk menikmati hidup sepenuhnya adalah " Gaya Hidup Sehat " artinya pola makan seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna yang diseimbangkan dengan olahraga serta istirahat yang cukup.

Berbicara tentang makanan empat sehat terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu.
1. Makanan pokok
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi makhluk hidup, manusia mengkonsumsi nasi, kentang, sagu, gandum, ubi jalar sebagai makanan pokok Karena karbohidrat yang terkandung pada makanan yang mereka pilih lebih banyak mengandung glukosa yang dapat menghasilkan energi pada tubuh. Karbohidrat juga merupakan cadangan energi bagi tubuh karena dapat menyediakan zat gula ketika sel-sel tubuh membutuhkannya.
2. Lauk pauk
Lauk pada makanan mengandung protein yang memiliki fungsi sebagai zat pembangun sel-sel tubuh yang telah rusak. Protein dibagi menjadi dua bagian yaitu protein nabati dan protein hewani contoh makanan yang mengandung protein nabati misalnya tempe, tahu, dll. Adapun makanan yang mengandung protein hewani misalnya ikan, daging, telur, dll.

3. Sayur Mayur
Sayur mayur memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh, contohnya kangkung, bayam, terung, labu siam, kacang panjang, pete, jengkhol ( untuk yang satu ini jangan kebanyakan makan ya.... ngandung racun loooh ! )

4. Buah-buahan
Buah sama fungsinya seperti sayur mayur namun kandungan vitamin dan mineralnya lebih banyak. Seperti apel mengandung vitamin A, jeruk mengandung vitamin C dan masih banyak lagi.


5. Susu
Minuman yang satu ini merupakan minuman yang digemari di semua umur, karena selain segar susu merupakan zat pelengkap bagi makanan yang empat tadi. Susu juga mengandung banyak kalsium yang membantu dalam pembentukan tulang dan gigi.

0 komentar:

Posting Komentar

makasih buat yang komentar

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service