Mau dapat dollar??? daftar aja disini....dijamin 100% GRATIS!!!!

Rabu, 18 Februari 2009

PLANET . . . . .

Kata Planet berasal dari kata Yunani, Planetai yang berarti pengembaradan menyatakan gerak gerik planet yang tampaknya berkeliaran diantara bintang tetap yaitu matahari. Planet yang kita ketahui kira-kira ada 9 yaitu, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto.
1. Merkurius
Merkurius yaitu planet yang paling dekat dengan matahari yang jaraknya kurang dari 45 juta km, berayun sampai 69 juta km pada ujung orbit lainnya. Planet ini tidak mempunyai atmosfer, yang melindungi permukaannya terhadap angin matahari. Maka permukaan yang menghadap matahari dipanggang pada suhu hampir 450 derajat Celcius, sedang sisi gelapnya menggigil -155 derajat Celcius. Massa planet ini hanya sepersepuluh massa bumi dan tarikan gravitasi pada permukaannya hanya 3/8 gravitasi bumi. Ini juga berarti bahwa molekul gas purba Merkurius yang harusnya menjadi atmosfer terlempar jauh ke angkasa terhembus oleh angin matahari hingga mencapai kecepatan yang diperlukan untuk lepas dari tarikan gravitasi.
2. Venus
Atmosfernya berupa selimut awan putih kekuning-kuningan yang tidak tertembus tanpa sobekan, umumnya berupa karbon dioksida dengan nitrogen dan gas lembam yang berjumlah kurang dari 5%, 0,5% oksigen dan 0,5% uap air. Awannya berupa tetes-tetes kecil asam belerang dan mungkin mengembun menjadi hujan yang panas dan korosif. Genap 20% dari radiasi matahari diserap oleh awan diubah menjadi radiasi inframerah dan ultraviolet yang diserap oleh tanah dan dibaurkan sebagai radiasi termal inframerah. Dengan teknik astronomi radar yang telah diperbaiki, para ilmuwan menemukan hari di Venus lebih panjang daripada hari di planet manapun juga, sebab1 kali pusaran ditamatkannya dalam 8 bulan di bumi.
Selama berabad-abad Venus merupakan teka teki. Beberapa ahli Astronomi mengemukakan pendapat bahwa permukannya berupa gurun yang luas atau rimba yang rimbun atau samudera air soda, adapun ilmuwan yang menyebutkan planet ini diliputi minyak, sementara ahli lainnya bersikeras bahwa awan planet ini pasti terdiri dari formaldehida. Namun ketika satelit pertama dalam rentetan Venera Sovyet tahun 1961 dan Marinir Amerika Serikat tahun 1962 terbang lewat Venus, main tebak seenaknya itu berhenti. Data yang dikumpulkan oleh pesawat antariksa tadi menunjukkanbahwa dalam beberapa kawasa Venus terdapat lereng terjal penuh serakan batuan bersegi tajam, sementara kawasan lain diliputi oleh birai batuan berlapis-lapis. Dengan radar ditemukan sejumlah kawah berdinding rendah, sebuah gunung berapi raksasa dan sebuah lembah celah sepanjang 1.300 km, lebar 140 km dan kedalamannya 16 km lebih.
3. Bumi
Bumi yang kita tempati sampai saat ini telah berumur kurang lebi 4,6 miyar tahun. Jarak dari matahari ke bumi berkisar antara 149,6 juta km. Bumi mempunyai atmosfer dan medan magnet yang disebut magnetosfer yang melindungi bumi dari angin matahari, sinar ultraungu dan radiasi dari luar angkasa.Lapisan udara ini terbagi menjadi Troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Sehari bumi dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi 365,2425 hari. Di dalamnya terdapat berbagai sumber kehidupan seperti air, tanah, udara termasuk cahaya matahari yang cukup semua itu memungkinkan adanya kehidupan.
4. Mars
Mars jauhnya 227 juta km dari matahari. Tanahnya yang tandus diliputi batuan dan bukit pasir merah jingga. Olympus Mons merupakan gunung tertinggi di Mars yang memiliki ketinggian 2 kali gunung Mount Everest. Atmosfer Mars terdiri dari karbon dioksida juga mengandung oksigen dan nitrogen yang merupakan gas pokok bagi kehidupan.
5. Jupiter
Planet ini berukuran luar biasa,volumenya lebih dari 1.000 kali volume bumi dan massanya lebih dari 2 kali massa gabungan kedelapan planet lainnya.Planet ini dikelilingi 14 satelit dua diantaranya lebih besar daripada bulan bumi. Planet raksasa ini terdiri dari cairan hidrogen, amoniak, helium dan metan, semua itu terdapat di bumi sebagai gas.Jupiter yang gembung ini berpusar menamatkan hari yang panjangnya sedikit kurang dari 10 jam. Inilah hari paling singkat diantara hari di planet lainnya. Jupiter berpusar sademikian cepat hingga khatulistiwa tampak membengkak dan poros kutubnya mengerut sampai hanya sebesar 15 atau 16 garis tengah khatulistiwa.
6. Saturnus
Saturnus massanya mencapai 95 kali massa bumi tapi kerapatannya hanya 7/10 kerapatan air. Andai saja ada samudera yang cukup luas untuk diceburi Saturnus maka planet ini akan terapung. Saturnus mempunyai 3 cincin yang mengelilingi khatulistiwa Saturnus. Cincin-cincin itu terbentang sejauh 130.000 km yang berbentuk piringan cincin sekrup yang tebalnya hanya 2 atau 3 km. Cincinnya terdiri dari bungkahan-bungkahan besar berupa bahan padat mungkin batuan yang berlapis es. Planet ini pun diiringi rombongan satelit dan radiasi tenaganya melebihi jumlah tenaga yang diterimanya dari matahari. Saturnus yaitu planet terakhir diantara 5 planet yang diketahui sejak jaman dulu dan tampak oleh mata telanjang.
7. Uranus
Jarak Uranus adalah 144 milyar km di belakang Saturnus artinya 2 kali jarak Saturnus dari matahari. Planet ini merupakan sebuah massa metan dingin yang secara kebetulan ditemukan oleh William Herschel tahun 1781. Herschel kira ini adalah komet tapi beberapa bulan kemudian setelah orbitnya dihitung, ternyata benda ini mengelilingi matahari. Pusaran pada porosnya berarah mundur seperti Venus. Selama 196 tahun sesudahnya, tidak ada yang mengetahui bahwa Uranus memiliki cincin, baru pada tahun 1977, tiga orang astronom mengamatinya dari pesawat luar angkasa menemukan cincin itu dengan bantuan teleskop yang berukuran 100 cm yang sederhana. Khatulistiwa planet ini miring 98 derajat pada bidang orbitnya sedang bumi hanya 23 derajat. Perputaran harian planet ini bukan pergantian fajar dan senja melainkan hanya pawai bintang yang terus menerus pada langit malam.
8. Neptunus
Neptunus jauhnya hampir 449 milyar km dari matahari. Setelah Neptunus ditemukan para ahli astronomi mulai menyangka bahwa masih ada sebuah planet yang mengganggu orbit Neptunus, seperti Neptunus mengganggu orbit Uranus.
9. Pluto
Pada tahun1930 Clyde Tombaugh menemukan planet Pluto. Pluto mengorbit secara eksentrik dan jauhnya dari matahari berkisar antara 756 milyar km. Karena orbitnya ganjil dan terayun-ayun dalam lingkungan orbit Neprunus banyak ahli astronomi menganggap bahwa Pluto adalah bekas satelit Neptunus yang terlepas dari Neptunus pada awal terjadinya tata surya. Teorinya : Ketika matahari mulai menyala banyak sekali gas yang didorong keluar dari atmosfer Neptunus yang sedang terbentuk. Sementara itu massa dan gaya gravitasi planet tersebut banyak berkurang sehingga Pluto tercerai berai dari induknya. Pluto mempunyai tahun yang terpanjang dalam tata surya sebab memerlukan lebih dari 248,4 tahun bumi untuk menamatkan satu kali peredaran mengelilingi matahari. Pluto juga planet yang paling dingin, sebab suhunya berkisar antara -130 dan -210 derajat Celcius.

Di tepi tata surya yang dingin membeku mungkin masih ada planet yang dapat ditemukan

0 komentar:

Posting Komentar

makasih buat yang komentar

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service