Mau dapat dollar??? daftar aja disini....dijamin 100% GRATIS!!!!

Rabu, 04 Maret 2009

Sepak Bola Kuno

Sports Myspace Comments
Entah apapun dan bagimanapun orang bicara tentang bola, yang penting dalam sepak bola adalah ...goool!!
Inggris merupakan cikal bakal sepak bola ? Itu betul, jika awal sejarah sepak bola dimulai akhir abad ke-19 saat Inggris pada 8 Desember 1863 meresmikan Football Association dengan segala aturan mainnya di Freemesons Tavern, Great Quen street, London. Kenyataannya, sepak bola (bola dalam pengertian luas) adalah hasil proses panjang peradaban yang bisa ditelusuri di belahan bumi sejak sebelum Masehi, maka jika Inggris pada tahun 1986 itu dengan bangga pasang slogan EURO 96 - FOOTBALL COMES HOMES - permainan bola sebenarnya sudah amat tua.
Era mesir purba misalnya, sudah mengenal bola dengan kain linen. Ini masih tersimpan di museum Inggris, berbagai relief di berbagai dinding menunjukkan permainan bola sudah dikenal di peradaban Yunani purba yang disebut Episcuro. Pada relief itu terlukis anak muda menggenggam bola bundar dan memainkannya dengan paha sekitar abad ke-2, Episcuro pindah ke Roma dan peradaban Romawi menyebutnya Harpastum. Awalnya mereka membuat bola hanya dengan menganyam alang-alang hingga menjadi bulat atau dibuat pakai kulit binatang dan diisi bulu-bulu. Kemudian generasi berikutnya menambahkan udara di dalamnya. Bola kulit yang diisi udara itu namanya Follis.
Konon Julius Cesar suka permainan itu, tapi Horatius dan Virgilus meremehkannya. Opidius menyebut permainan itu brutal, kasar, mendekati hal yang biadab, maka tidak cocok untuk perempuan. Sampai abad ke-9 para intelektual era Yunani-Romawi tak sudi menyebut-nyebut permainan bola karena dianggap tidak bermutu, tapi politik kolonial Romawi dalam rangka meluaskan kekuasaannya membawa serta permainan itu, sebagai barang sampingan ke Eropa luar daratan alias Inggris.
Di luar Eropa, sebelum masehi di peradaban Aztek Amerika latin sudah mengenal bola. Bahkan Columbus sang penemu Benua Amerika pernah mendapati bangsa Indian di Amerika Tengah bermain bola dengan mempergunakan bola yang terbuat dari getah tumbuhan yang padat dan hitam.
Di Tiongkok sudah terkenal sejak 206 tahun sebelum masehi yang disebut Tsu Chu dan tersimpan di dokumen militer setebal 25 bab, Tsu berarti "menghantam bola dengan kaki" dan Chu "bola yang dibuat dari kulit dan diisi". Pada zaman dinasti Khan, Li Ju juga menginformasikan pada 50 tahun sebelum Masehi bahwa tim bola Tiongkok berlatih di Jepang. Abad ke-5 di Tiongkok dipastikan sudah terdapat permainan bola bundar diisi rambut tulisan Li Ju itu disimpan di Museum Muenchen, Jerman.
Jepang bahkan sudah memainkan bola sejak abad ke-8 yang disebut Kemari (konon masih eksis sampai sekarang). Pada awalnya bola dibuat dengan gulungan kertas tisu yang padat dan diikat tali. Kemari bersangkut paut dengan iman dan adat. Pemainnya 8 orang berpakaian adat, bola tidak boleh jatuh ke tanah karena bola dianggap matahari, jika ia jatuh akan terjadi kegelapan (dalam arti luas) .
Sports Myspace Comments

0 komentar:

Posting Komentar

makasih buat yang komentar

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service