Mau dapat dollar??? daftar aja disini....dijamin 100% GRATIS!!!!

Kamis, 21 Mei 2009

menelisik sejarah tahu..

Sangat sedikit pengetahuan secara eksak mengenai sejarah asal usul tahu dan metode pembuatan tahu. Meski ada banyak teori yang diajukan mengenai asal usul tahu, informasinya masih langka karena kebanyakan masih bersifat spekulasi dan legenda.
Yang dikenal sekarang adalah bahwa pembuatan tahu merupakan teknik kuno. Tahu secara luas dikonsumsi pada masyarakat Cina kuno dan teknik pembuatan juga penyajiannya kemudian tersebar luas di banyak negara Asia. Tahu pun kemudian menjadi salah satu produk pangan populer di masyarakat Asia.
Saat ini ada 3 teori mengenai asal usul tahu. Yang paling umum ditemukan di Cina Utara sekitar tahun 164 SM oleh Lord Liu An, seorang pangeran pada masa dinasti Han. Meski ini mungkin, kurangnya informasi yang konkret mengenai periode ini, jadi teori ini agak sulit untuk menentukan apakah memang yang menemukan metode pembuatan tahu adalah Lord Liu An atau bukan alasannya, dalam sejarah Cina berbagai penemuan penting sering dihubungkan dengan para pemimpin dan figur penting yang berkuasa saat itu.
Teori kedua menyebutkan,metode pembuatan tahu ditemukan secara tidak sengaja ketika

bubur kedelai yang mendidih tumpah dan bercampur dengan air laut yang tak murni. Garam laut yang mengandung kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg), bercampur dengan susu kedelai sehingga membeku dan menghasilkan bahan gel seperti tahu.Teori ini sangat mungkin lebih diterima sebab sejak zaman kuno susu kedelai sudah dikonsumsi sebagai sajian sup lezat seperti halnya di era modern sekarang. Meski secara teknis masuk akal, sedikit bukti atau fakta yang bisa membuktikan atau tidak bahwa asal usul pembuatan tahu melalui cara seperti ini.
Teori ketiga mempercayai bahwa orang Cina kuno mempelajari metode membekuan susu kedelai dengan cara meniru teknik pembekuan susu yang dimiliki orang-orang Mongol dan India Timur. Bukti teori ini adalah adanya persamaan etimologis antara istilah orang Cina produk susu terfermentasi di masyarakat Mongol (rufu yang berarti "susu rusak") dan istilah doufu atau tofu. Meski cukup menarik dan mungkin, tidak ada bukti yang memperkuat tentang teori ini.
Meski perkembangannya sudah terjadi sebelum Pangeran Liu An hidup, tahu telah dikenal secara umum diproduksi dan dikonsumsi sebagai bahan pangan di Cina sejak abad ke-2 M. Tahu dan teknik pembuatannya lalu diperkenalkan ke Negeri Jepang pada periode Nara (akhir abad ke-8) seperti juga ke negara-negara di kawasan Asia Timur, penyebaran ini mungkin bersamaan dengan penyebaran ajaran Budha karena tahu menjadi bahan penting dalam memenuhi kebutuhan protein para imam Budha yang menerapkan diet vegetarian. Sejak saat itu, tahu menjadi bahan pokok di banyak negara, seperti Vietnam, Thailand dan Korea dalam variasi regional dalam hal metode pembuatan, benuk tekstur, rasa dan penggunaan.
Tahu belum dikenal sebagai bahan pangan bagi masyarakat Barat sebelum abad ke-20. Meski demikian, kontak budaya yang meningkat dan adanya minat terhadap vegetarian, menjdikan tahu sebagai salah satu produk yang kini lebih familiar dikalangan orang Barat.
Ingin tau kelebihan atau manfaat tahu klik aja disini

17 komentar:

  1. jangan lupa sejarah tempehnya bro, hehehehe..

    BalasHapus
  2. Mantab infonya, tapi jadi laper nyh :D

    BalasHapus
  3. cuma mau kasitau bahwa aku suka tahu *hehe, muup kalo gak penting :)

    BalasHapus
  4. thanks ya utk infonya.
    ternyata banyak penemuan yang terjadi karna tdk sengaja ya..
    kayak teh..katanya juga tidak sengaja ya?

    BalasHapus
  5. Jadi pengen makan tahu gejrot... :D

    BalasHapus
  6. wah..ternyata aq baru mengetahui sejarahnya makanan favoritq tahu isi...he he he mantaap

    BalasHapus
  7. tahu????
    maknyus dech makanan ini
    dia punya sahabat lho...si tempe
    hehehehehehe

    BalasHapus
  8. saya suka postingnya menarik baget..
    blognya keren juga, Sukses selalu..
    Salam kenal dari Blog Heboh, jangan lupa berkunjung balik yah dan berkomentar.. Ditunggu..

    Blog saya yg lainnya:
    Bikin Heboh (Download lagu-lagu Indonesia Terbaru) Mohon dukungannya. =)

    BalasHapus
  9. wah baru tau saya, ternyata menarik juga sejarah tahu...
    selama ini yang saya tau hanya makannya saja, apalagi yang namanya orang jawa identik dengan "TAHU DAN TEMPE"

    BalasHapus
  10. Asik juga belajar sejarah tahu, biar ga cuman bisa makan aja : thanks infonya

    BalasHapus
  11. maaf, saya perhatikan dari tadi ternyata blog anda Dofollow, silahkan konfirmasikan Anchor Text anda untuk dimasukkan Daftar Blog Dofollow Indonesia

    BalasHapus
  12. jadi TAHU nich berkat info mu sob hahahahaha :)

    BalasHapus
  13. nice infonya ^^ ehehehhe... wah2 tampilan baru blog na jd tambah bagus dechh.... lbh enak diliat neh :)

    BalasHapus
  14. jadi tahu sejarahnya tahu hehe, thanks sob

    BalasHapus
  15. paling lengkap kalau tahu di sandingkan dengan tempe

    BalasHapus
  16. Yes, well written article. I could find out some useful information on your blog guys. This is really useful for everyone. I love this post. Thanks for sharing it.

    BalasHapus

makasih buat yang komentar

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service